DALIL-DALIL AL QUR'AN & HADIST SERTA ATSYAR YANG MENJELASKAN BETAPA SESAT & TERCELANYA BID'AH DALAM AGAMA.
Larangan dari melakukan bid'ah adalah larangan dari pembuat syari'at
karana larangan tersebut disertai dengan berbagai-bagai ancaman oleh
Allah dan Rasul-Nya. Diantara yang paling tegas ialah larangan akan
berlaku kesesatan dan pelanggaran batas hukum (hudud) yang telah
ditetapkan oleh Allah di dalam syari'at yang akhirnya membawa kepada
kefasikan dan mengkufuri agama serta ayat-ayat Allah. Hal ini telah
dijelaskan oleh allah & RasulNya sallallahu 'alaihi wa sallam
diantaranya
A. DALIL DARI AL QUR'AN:
Dalil dari al qur'an:
{ قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ }
Katakanlah:
"Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah
mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." ( QS Al-Imran : 31) dalam ayat
ini di perintahkan bagi kita untuk mengikuti ( itiba') Rasulullah
salallahu 'alaihi wasalam.
وقوله -جل وعلا-: { وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ }
“Dan ikutilah Dia ( muhammad ) supaya kamu mendapat petunjuk".( QS Al-A'raf : 158 )
وقوله سبحانه: { لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ }
“Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” ( QS al ahzab:21 )
وَمَا آَتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا
“Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah.” (QS Al-Hasyr : 7).
وقوله - عز وجل - { أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ }
“Apakah
mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan
untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?” (Qs As-Syura' : 21 )
وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه ولا تتبعوا السبل فتفرق بكم عن سبيله ذلكم وصاكم به لعلكم تتقون
“Dan
bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka
ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain),
karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang
demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa. QS
Al-An'am (6) : 153
Diriwayatkan dari Abul Hujjaj bin Jubair
Al-Makky(1), menafsirkan ولا تتبعوا السبل (dan janganlah kamu mengikuti
jalan-jalan yang lain), beliau berkata yang dimaksud dengan السبل
(jalan-jalan yang lain) adalah bid’ah dan syubuhat.
B. DALIL DARI AS SUNNAH
اُوْصِيْكُمْ
بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَاِنْ كَانَ
عَبْدًا حَبَشِيًّا ، فَاِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ يَرَى بَعْدِى
اِخْتِلاَفًا كَثِيْرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِىْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ
الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ مِنْ بَعْدِى تَمَسَّكُوابِهَا وَعَضُّوْا
عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَاِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ اْلاُمُوْرِ فَاِنَّ
كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَة وَاِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ
"Aku
berwasiat kepada kamu sekalian supaya bertakwa kepada Allah, mendengar
dan taat sekalipun diperintah oleh seorang hamba Habsyi. Sesungguhnya
siapa saja yang hidup (selepas ini) di antara kamu sekalian selepasku
akan melihat perselisihan yang banyak, maka kembalilah (berpeganglah)
kamu kepada sunnahku dan sunnah para Khulafa ar-Rasyidin selepas
peninggalanku, berpegang teguhlah dengannya, maka gigitlah dengan gigi
geraham, kemudian berhati-hatilah dengan hal yang baru (dicipta dalam
agama) sesungguhnya setiap ciptaan yang baru itu adalah bid'ah dan
setiap yang bid'ah itu sesat". (Hadis Riwayat Ahmad (1653). At-Tirmizi
(2600). Musnad Abu Daud (3991). As-Sunnan Ibn Majah (42))
كُلُّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلُّ ضَلاَلَةٍ فِى النَّارِ
"Setiap yang diada-adakan itu bid'ah, setiap yang bid'ah itu sesat dan
setiap yang sesat itu adalah ke dalam neraka". (Hadis Riwayat Muslim)
فِى
خُطْبَةِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اَمَّا
بَـعْدُ: فَاِنَّ خَيْرَ الْحَدِيْـثِ كِتَابُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ ،
وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدَْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَـلَّمَ ،
وَشَرَّ اْلاُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا ، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ ، وَكُلَّ
بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ ، وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِى النَّارِ
"Dalam khutbah
Nabi sallallahu 'alaihi wa sallam baginda bersabda: Kemudian dari itu,
sesungguhnya sebaik-baik perkataan itu kitab Allah, sebaik-baik petunjuk
adalah petunjuk Muhammad sallallahu 'alaihi wa sallam dan sekeji-keji
perkara (perbuatan) ialah mengada-adakan yang baru dan setiap bid'ah
(yang baru itu) adalah sesat dan setiap yang sesat ke neraka". (Hadis
Riwayat Muslim, Abu Daud dan Ibn Majah)
__________________________________________
(1) Beliau adalah Sa'id bin Jubair, ulama’ Tabi'in yang ahli tafsir dan pakar di zamannya
Dari hadits di atas, dinyatakan bahwa كل بدعة ضلالة (Tiap bid’ah itu
sesat), yakni hal ini menunjukkan secara terang dan nyata bahwa tidak
ada bid’ah hasanah, karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam
telah menjelaskan secara gamblang bahwa كل بدعة ضلالة (Tiap bid’ah itu
sesat). Para ulama’ sepakat bahwa kata كل (Kullu) yang diikuti oleh اسم
ناقرة ism naaqirah (obyek indefinitif) bukan اسم معرفة ‘ism ma’rifat
(obyek definitif) tanpa adanya استثناءistitsna’ (pengecualian), maka ia
terkena keumuman dari kata كل (Kullu) tersebut. Sehingga bermakna,
bahwa semua bid’ah tanpa terkecuali adalah sesat!!! Maka batallah
pernyataan sebagian kaum muslimin yang menyatakan bahwa bid’ah itu ada
yang hasanah.
عَنْ حُذَيْـفَةَ قَالَ: لاَيـقْـبَـلُ اللهُ لِصَاحِبِ
الْبِدْعَةِ صَلاَةً وَلاَصَوْمًا وَلاَ صَدَقَـةً وَلاَ حَاجًا وَلاَ
عُمْرَةً وَلاَ جِهَادًا وَلاَصَـرَفًا وَلاَعَدْلاً ، يَخْـرُجُ مِنَ
اْلاِسْلاَمِ كَمَا يَخْرُجُ الشَّـعْرَةَ مِنَ الْعَجِيْنِ. رواه ابن ماجه
"Dari Huzaifah radhiallahu 'anhu baginda berkata: Allah tidak akan
menerima dari pembuat bid'ah puasa, sembahyang, haji, umrah, jihad,
kebaikan dan keadilan (yang dikerjakannya). Dia akan keluar dari Islam
sebagaimana keluarnya rambut dari tepung". (Hadis Riwayat Ibn Majah.
Lihat: فتح البارى jld. 17. hlm. 10. Hadis ini lemah dan sebahagian ulama
hadis mendapati hadis ini adalah hadis mungkar)
اَبَى اللهُ اَنْ يَقْبَلَ عَمَلَ صَاحِب بِدْعَةٍ حَتَّى يَدَعَهَا
"Allah
tidak akan menerima amalan pelaku (pembuat) bid'ah hingga ditinggalkan
bid'ah tersebut". (Hadis Riwayat Ibn Majah (49) Muqaddimah)
مَا اَحْدَثَ قَوْمٌ بِدْعَةً اِلاَّ رُفِعَ مِثْلُهَا مِنَ السُّنَّةِ فَتَمَسَّكُ بِسُنَّةٍ خَيْرٌ مِنْ اِحْدَاثِ بِدْعَةٍ
"Tidak
akan (dibiarkan) berlaku bid'ah pada satu-satu kaum, kecuali akan
dicabut (oleh Allah) satu sunnah dari mereka yang sepertinya. Maka
berpegang kepada sunnah lebih baik dari melakukan (mencipta) satu
bid'ah". (Hadis Riwayat Ahmad (16356))
مَنْ اَحْدَثَ فِىاَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
"Siapa
yang mencipta (mengada-adakan) yang baru dalam urusan (agama) Kami ini,
maka itu tertolak". (Hadis Riwayat Ahmad (24840). Bukhari (2499)
as-Soleh. Muslim (3242) al-Aqdhiah. Abu Daud (3990) as-Sunnan. Ibn Majah
(14) Muqaddimah)
Imam Nawawi rahimahullah berkata: "Hadits ini
merupakan kaidah yang agung dari kaidah-kaidah Islam". Beliau
menambahkan lagi: "Hadits ini termasuk hadits yang sepatutnya dihafalkan
dan digunakan dalam membatilkan seluruh kemungkaran dan seharusnya
hadits ini disebarluaskan untuk diambil sebagai dalil". ( Syarah Shahih
Muslim)
Al Hafidz Ibnu Hajar Al Atsqalani rahimahullah setelah
membawakan hadits ini dalam syarahnya terhadap kitab Shahih Bukhari,
beliau berkomentar : "Hadits ini terhitung sebagai pokok dari
pokok-pokok Islam dan satu kaidah dari kaidah-kaidah agama". (Fathul
Bari)
Imam Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah dalam kitabnya
Jami`ul Ulum wal Hikam juga memuji kedudukan hadits ini, beliau berkata :
"Hadits ini merupakan pokok yang agung dari pokok-pokok Islam. Dia
seperti timbangan bagi amalan-amalan dalam dzahirnya sebagaimana hadits:
(amal itu tergantung pada niatnya) merupakan timbangan bagi
amalan-amalan dalam batinnya. Maka setiap amalan yang tidak diniatkan
untuk mendapatkan wajah Allah tidaklah bagi pelakunya mendapatkan pahala
atas amalannya itu, demikian pula setiap amalan yang tidak ada padanya
perintah dari Allah dan rasulnya maka amalan itu tidak diterima dari
pelakunya. (Jami`ul Ulum wal Hikam, 1/176)
مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ اَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
"Siapa yang melakukan (mengerjakan) satu amal yang bukan dari perintah
Kami, maka (amalan itu) tertolak". (Maksud tertolak ialah bermakna
“bid'ah” بالبدعة المسمى هو "Ia dinamakan bid'ah". Lihat: علم اصول البدع
hlm. 29. Ali Hasan)
Kata Imam Nawawi rahimahullah : "Hadits ini
jelas sekali dalam membantah setiap bid`ah dan perkara yang diada-adakan
dalam agama". (Syarah Muslim, 12/16)
Namun bila ada pelaku bid`ah
dihadapkan padanya hadits ini, kemudian dia mengatakan bahwa bid`ah
tersebut bukanlah dia yang mengada-adakan akan tetapi dia hanya
melakukan apa yang telah diperbuat oleh orang-orang sebelumnya sehingga
ancaman hadits di atas tidak mengenai pada dirinya. Maka terhadap orang
seperti ini disampaikan padanya hadits :
"Siapa yang mengamalkan
suatu amalan yang tidak di atas perintah kami maka amalannya itu
tertolak". Dengan hadits ini akan membantah apa yang ada pada orang
tersebut dan akan menolak setiap amalan yang diada-adakan tanpa dasar
syar`i. Sama saja apakah pelakunya yang membuat bid`ah tersebut adalah
dia atau dia hanya sekedar melakukan bid`ah yang telah dilakukan oleh
orang-orang sebelumnya. Demikian penerangan ini juga disebutkan oleh
Imam Nawawi dengan maknanya dalam kitab beliau Syarah Muslim (12/16)
ketika menjelaskan hadits ini.
Al Imam Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah berkata : "Dalam sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam :
لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
ada
isyarat bahwasanya amalan-amalan yang dilakukan seharusnya di bawah
hukum syariah di mana hukum syariah menjadi pemutus baginya apakah
amalan itu diperintahkan atau dilarang. Sehingga siapa yang amalannya
berjalan di bawah hukum syar`i, cocok dengan hukum syar`i maka amalan
itu diterima, sebaliknya bila amalan itu keluar dari hukum syar`i maka
amalan itu tertolak. ("Jami`ul Ulum wal Hikam", 1/177)
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَنَعَ اَمْرًا عَلَىْ غَيْرِ اَمْرِنَا فَهُوَ رَدٌّ
"Bersabda
Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam: Barangsiapa yang berbuat
sesuatu urusan yang bukan dari perintah kami, maka ia tertolak". (Hadis
Riwayat Ibn Majah)
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِيْ فَلَيْسَ مِنِّيْ متفق عليه
"Bersabda
Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam: Maka barangsiapa yang
menyimpang dari Sunnahku, maka bukanlah dia dari golonganku". Muttafaq
'Alaih.
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّىاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ وَقَّرَ صَاحِبَ بِدْعَةٍ
فَقَدْ اَعَانَ عَلَى هَدْمِ اْلاِسْلاَمِ. حديث مرفوع
"Dari Aisyah
radhiallahu 'anha berkata: Bersabda Rasulullah sallallahu 'alaihi wa
sallam: siapa yang memuliakan aktivis/pelaku bid'ah, maka dia telah
menolong untuk menghancurkan Islam" (Hadis Riwayat Ahmad. Lihat: تلبيس
ابليس. Hlm. 14. Menurut Syeikh Ali Hasan: Hadis ini adalah hadist hasan
isnadnya. Lihat: المنتقى النفس hlm. 37. Dikeluarkan oleh Al-Lalikaii
dalam شرح اصول اهل السنة (1/139)) Hadis Marfu'. (Ibn Asakir dalam تاريخ
دمشق: ترجمة "العباس بن يوسف الشكلى. Hlm. 286)
اِنَّ لِكُلِّ عَمَلٍ
شِرَّةً وَثَمَّ فَتْرَةً فَمَنْ كَانَتْ فَتْرَتُهُ اِلَى بِدْعَةٍ فَقَدْ
ضَلَّ ، وَمَنْ كَانَتْ فَتْرَتُهُ اِلَى سُنَّةٍ فَقَدْ اهْتَدَى
"Sesungguhnya
pada setiap amal terdapat kegiatan, dan pada amal ada fitrahnya.
Barangsiapa yang fitrahnya terlibat dengan bid'ah maka dia telah sesat
dan barangsiapa yang fitrahnya terlibat dengan sunnah maka dia telah
mendapat petunjuk". (Hadis Riwayat Ahmad (22376), Musnad. Hadis sahih.
Lihat: الاتمام (23521). Lihat: اتباع السنن (8))
Faidah hadits
Faidah yang bisa kita ambil dari hadits ini, di antaranya :
• Batilnya perkara yang diada-adakan dalam agama
• Larangan terhadap satu perkara menunjukkan jeleknya perkara tersebut..
• Islam merupakan agama yang sempurna, tidak ada kekurangan di dalamnya dan tidak butuh koreksi dan protes terhadapnya.
• Perkara yang diada-adakan dalam agama ini adalah bid`ah dan setiap bid`ah itu sesat.
•
Dengan hadits ini tertolaklah pembagian bid`ah menjadi bid`ah hasanah
(bid`ah yang baik) dan bid`ah sayyiah (bid`ah yang jelek).
Seluruh
akad yang dilarang oleh syariat adalah batil, demikian pula hasilnya
karena apa yang dibangun di atas kebatilan maka ia batil pula.
C. DARI ATSAR PARA SALAFUS SHALEH
Abdullah bin Mas‘ud radhiallahu 'anh adalah sahabat Nabi shallallahu
'alaihi wasallam yang begitu terkenal dengan keilmuan dan kefahamannya
dalam agama. al-Imam al-Darimi rahimahullah (255H) meriwayatkan
bantahan beliau terhadap bid‘ah berzikir secara berjama'ah yang muncul
pada zamannya:
عَنْ عمرو بن سلمة قَالَ: كُنَّا نَجْلِسُ عَلَى بَابِ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَبْلَ صَلاَةِ الْغَدَاةِ فَإِذَا خَرَجَ
مَشَيْنَا مَعَهُ إِلَى الْمَسْجِدِ فَجَاءَنَا أَبُو مُوسَى الأَشْعَرِيُّ
فَقَالَ أَخَرَجَ إِلَيْكُمْ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ بَعْد؟ُ قُلْنَا:
لاَ! فَجَلَسَ مَعَنَا حَتَّى خَرَجَ فَلَمَّا خَرَجَ قُمْنَا إِلَيْهِ
جَمِيعًا.
فَقَالَ لَهُ أَبُو مُوسَى يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ
إِنِّي رَأَيْتُ فِي الْمَسْجِدِ آنِفًا أَمْرًا أَنْكَرْتُهُ وَلَمْ أَرَ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ إِلاَّ خَيْرًا. قَالَ: فَمَا هُوَ؟ فَقَالَ: إِنْ
عِشْتَ, فَسَتَرَاهُ. قَالَ: رَأَيْتُ فِي الْمَسْجِدِ قَوْمًا حِلَقًا
جُلُوسًا يَنْتَظِرُونَ الصَّلاَةَ, فِي كُلِّ حَلْقَةٍ رَجُلٌ وَفِي
أَيْدِيهِمْ حَصًى, فَيَقُولُ: كَبِّرُوا مِائَةً, فَيُكَبِّرُونَ مِائَةً.
فَيَقُولُ: هَلِّلُوا مِائَةً. فَيُهَلِّلُونَ مِائَةً. وَيَقُولُ:
سَبِّحُوا مِائَةً. فَيُسَبِّحُونَ مِائَةً. قَالَ: فَمَاذَا قُلْتَ
لَهُمْ؟ قَالَ: مَا قُلْتُ لَهُمْ شَيْئًا انْتِظَارَ رَأْيِكَ
وَانْتِظَارَ أَمْرِكَ.
قَالَ: أَفَلاَ أَمَرْتَهُمْ أَنْ يَعُدُّوا
سَيِّئَاتِهِمْ, وَضَمِنْتَ لَهُمْ أَنْ لاَ يَضِيعَ مِنْ حَسَنَاتِهِمْ.
ثُمَّ مَضَى وَمَضَيْنَا مَعَهُ حَتَّى أَتَى حَلْقَةً مِنْ تِلْكَ
الْحِلَقِ فَوَقَفَ عَلَيْهِمْ, فَقَالَ: مَا هَذَا الَّذِي أَرَاكُمْ
تَصْنَعُونَ؟ قَالُوا: يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَصًى نَعُدُّ بِهِ
التَّكْبِيرَ وَالتَّهْلِيلَ وَالتَّسْبِيحَ. قَالَ: فَعُدُّوا
سَيِّئَاتِكُمْ, فَأَنَا ضَامِنٌ أَنْ لاَ يَضِيعَ مِنْ حَسَنَاتِكُمْ
شَيْءٌ, وَيْحَكُمْ يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ مَا أَسْرَعَ هَلَكَتَكُمْ!
هَؤُلاَءِ صَحَابَةُ نَبِيِّكُمْ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مُتَوَافِرُونَ, وَهَذِهِ ثِيَابُهُ لَمْ تَبْلَ, وَآنِيَتُهُ لَمْ
تُكْسَرْ, وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّكُمْ لَعَلَى مِلَّةٍ هِيَ
أَهْدَى مِنْ مِلَّةِ مُحَمَّدٍ, أَوْ مُفْتَتِحُو بَابِ ضَلاَلَةٍ؟!
قَالُوا:
وَاللَّهِ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ مَا أَرَدْنَا إِلاَّ الْخَيْرَ.
قَالَ: وَكَمْ مِنْ مُرِيدٍ لِلْخَيْرِ لَنْ يُصِيبَهُ. إِنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَنَا أَنَّ قَوْمًا
يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ وَايْمُ اللَّهِ مَا
أَدْرِي لَعَلَّ أَكْثَرَهُمْ مِنْكُمْ ثُمَّ تَوَلَّى عَنْهُمْ.
فَقَالَ عَمْرُو بْنُ سَلَمَةَ: رَأَيْنَا عَامَّةَ أُولَئِكَ الْحِلَقِ يُطَاعِنُونَا يَوْمَ النَّهْرَوَانِ مَعَ الْخَوَارِجِ.
Dari
‘Amr bin Salamah(1) katanya: “Satu ketika kami duduk di pintu ‘Abd
Allah bin Mas‘ud sebelum sholat subuh. Apabila dia keluar, kami berjalan
bersamanya ke masjid. Tiba-tiba datang kepada kami Abu Musa al-Asy‘ari,
lalu bertanya: “Apakah Abu ‘Abd al-Rahman (2) telah keluar kepada
kamu?” Kami jawab: “Tidak!”. Maka dia duduk bersama kami sehingga ‘Abd
Allah bin Mas‘ud keluar. Apabila dia keluar, kami semua bangun
kepadanya. Lalu Abu Musa al-Asy‘ari berkata kepadanya: “Wahai Abu ‘Abd
al-Rahman, aku telah melihat di masjid tadi satu perkara yang aku tidak
setuju, tetapi aku tidak lihat – alhamdulilah – melainkan hal itu
baik”. Dia bertanya: “Apakah ia?”. Kata Abu Musa: “Jika umur kamu
panjang engkau akan melihatnya. Aku melihat satu kaum, mereka duduk
dalam lingkungan (halaqah) menunggu sholat. Bagi setiap lingkungan
(halaqah) ada seorang lelaki (ketua kumpulan), sementara di tangan
mereka yang lain ada anak-anak batu (kerikil ). Apabila lelaki itu
berkata :
_______________________________
(1)Beliau adalah seorang tabi`in, anak murid ‘Abd Allah bin Masud. Meninggal dunia pada 85H.
(2)Gelar untuk `Abd Allah bin Mas`ud.
Takbir
seratus kali, mereka pun bertakbir seratus kali. Apabila dia berkata:
Tahlil seratus kali, mereka pun bertahlil seratus kali. Apabila dia
berkata: Tasbih seratus kali, mereka pun bertasbih seratus kali.” Tanya
‘Abd Allah bin Mas‘ud: “Apa yang telah kamu katakan kepada mereka?”.
Jawabnya: “Aku tidak berkata apa-apa kepada mereka karana menanti
pendapatdan perintahmu”.
Berkata ‘Abd Allah bin Mas‘ud: “Mengapa
engkau tidak menyuruh mereka menghitung dosa mereka dan engkau jaminkan
bahwa pahala mereka tidak akan hilang sedikit pun”. Lalu dia berjalan,
kami pun berjalan bersamanya. hingga dia tiba kepada salah satu dari
kaum tersebut. Dia berdiri lantas berkata: “Apa yang sedang kamu lakukan
ini?” Jawab mereka: “Wahai Abu ‘Abd al-Rahman! Batu yang dengannya kami
menghitung takbir, tahlil dan tasbih”. Jawabnya: “Hitunglah dosa-dosa
kamu, aku jamin pahala-pahala kamu tidak hilang sedikit pun. Celaka kamu
wahai umat Muhammad! Alangkah cepat kemusnahan kamu. Para sahabat Nabi
masih banyak (hidup) , baju baginda belum lagi buruk dan bekas makanan
dan minuman baginda pun belum lagi pecah.(1) Demi yang jiwaku berada di
tangan-Nya(2) , apakah kamu berada di atas agama yang lebih mendapat
petunjuk daripada agama Muhammad, atau sebenarnya kamu semua pembuka
pintu kesesatan?”
Jawab mereka : “Demi Allah wahai Abu ‘Abd
al-Rahman, kami hanya bertujuan baik.” Jawabnya : “Betapa banyak orang
yang bertujuan baik, tetapi tidak mendapatkannya.” Sesungguhnya
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menceritakan kepada kami
satu kaum yang membaca al-Quran namun tidak lebih dari kerongkong
mereka(3) Demi Allah aku tidak tahu, barangkali kebanyakan mereka dari
kalangan kamu.” Kemudian beliau pergi.
Berkata ‘Amr bin Salamah: “Kami melihat kebanyakan puak tersebut bersama Khawarij memerangi kami pada hari Nahrawan.”(4)
Lihatlah
bagaimana ‘Abd Allah bin Mas‘ud radhiallahu 'anh membantah perbuatan
ibadah kumpulan ini walaupun mereka pada asalnya memiliki niat dan
pandangan yang baik. Pada dzahirnya tiada yang buruk pada perbuatan
mereka. Namun oleh kerana ia merupakan ibadah yang tidak ada contoh
daripada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam maka ia ditolak. Bahkan ‘Abd
Allah bin Mas‘ud memberi amaran betapa perbuatan bid‘ah yang kecil akan
mengheret seseorang kepada bid‘ah yang lebih besar. ‘Abd Allah bin
Mas‘ud menggambarkan mereka akan menyertai Khawarij yang sesat.
___________________________________________________________
(1)Maksudnya baginda shallallahu ‘alaihi wasallam baru sahaja wafat, tetapi mereka telah melakukan bid`ah.
(2) Maksudnya Allah.
(3)Ini salah satu sifat Khawarij yang disebut dalam hadith-hadith.
(4)
Riwayat al-Darimi di dalam Musnadnya dengan sanad yang dinilai sahih
oleh al-Albani dalam Silsilah al-Ahadith al-Shahihah, jld. 5, m.s. 11.
Justeru itu ‘Abd Allah bin Mas‘ud juga pernah menyebutkan:(1)
اقتصاد في سنة خير من اجتهاد في بدعة.
Sederhana dalam sesuatu sunnah lebih baik daripada bersungguh sungguh dalam sesuatu bid‘ah .
إن البدعة الصغيرة بريد إلى البدعة الكبيرة.
Sesungguhnya bid‘ah yang kecil adalah pembawa kepada bid‘ah yang besar.
Seorang lelaki telah datang kepada al-Imam Malik rahimahullah (179H)(2) dan berkata:(3)
“Wahai
Abu ‘Abd Allah (gelar al-Imam Malik) dari mana aku patut berihram?”
Jawab al-Imam Malik: “Dari Zu Hulaifah (ذو حليفة) di mana tempat yang
Rasulullah berihram.” Kata lelaki itu: “Aku ingin berihram dari Masjid
Nabi (medinah).” Jawab al-Imam Malik: “Jangan buat demikian itu.” Kata
lelaki itu lagi: “Aku ingin berihram dari kubur Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam.” Jawab al-Imam Malik: “Jangan buat demikian itu, aku takut
fitnah akanmenimpa dirimu.” Tanya lelaki itu: “Apa fitnahnya? Ia hanya
jarak yang aku tambah.” Jawab al-Imam Malik:
وأي فتنة أعظم من أن ترى
أنك سبقت إلى فضيلة قصّر عنها رسول الله صلى الله عليه وسلم، وإني سمعت
الله يقول: فَلْيَحْذَرْ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ
تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ.
Apakah lagi
fitnah yang lebih besar daripada engkau melihat bahwa engkau telah
mendahului satu kelebihan yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
telah menguranginya. Sesungguhnya aku telah mendengar Allah berfirman:
(maksudnya) “Oleh itu, hendaklah mereka yang mengingkari perintahnya,
beringat serta berjaga-jaga jangan mereka ditimpa bala bencana, atau
ditimpa azab seksa yang tidak terperi sakitnya. [al-Nur 24:63]
Perhatikan
bahwa sekalipun lelaki tersebut ingin berihram dari tempat yang begitu
baik yaitu Masjid Nabi atau kubur baginda shallallahu 'alaihi wasallam,
al-Imam Malik rahimahullah membantahnya disebabkan ia adalah ibadah yang
tidak dilakukan oleh Nabi. Beliau menyatakan ini adalah fitnah karena
seakan-akan lelaki itu menganggap dia dapat melakukan ibadah yang lebih
baik daripada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
_________________________________________
(1)Lihat: Silsilah al-Ahadith al-Sahihah, jld. 5, m.s. 11.
(2)
Beliau ialah imam Mazhab Maliki, pembesar Atba’ al-Tabi‘in. Guru
al-Imam al-Syafi'i. Tokoh fekah dan hadith yang tiada bandingnya. Karya
beliau yang agung ialah kitab al-Muwattha’. Berkata al-Imam al-Sayuti:
“Beliau guru para imam, Imam Dar al-Hijrah (Madinah), mengambil hadith
darinya al-Syafi‘i dan banyak lagi. Berkata al-Syafi’i: ‘Apabila
datangnya athar, maka Malik adalah bintang’.” (al-Imam al-Sayuti,
Tabaqat al-Huffaz, jld. 1, m.s. 96)
(3) al-Syatibi, al-I’tishom, m.s. 102
Imam Abu Syamah al-Muqaddisi berkata:
وَقَدْ
حَذَّرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَصْحَابهُ وَمَنْ
بَعْدَهُمْ اَهْلَ زَمَانِهِمْ الْبِدَعِ وَمُحْدَثَاتِ الاُمُوْرِ ،
وَاَمَرُوْهُمْ بِالاتِّبَاعِ الَّذِيْ فِيْهِ النَّجَاةُ مِنْ كُلِّ
مَحْذُوْرٍ
"Nabi Sallallahu 'alaihi wa-sallam telah memberi
peringatan kepada sekalian para sahabatnya, dan orang-orang selepas
zaman mereka dari melakukan bid'ah dan ciptaan-ciptaan yang baru (dalam
agama). Mereka sekalian diperintahkan agar ittiba' karena dengannya akan
mendapat kejayaan (dan terselamat) dari setiap yang telah diperingatkan
(oleh Nabi sallallahu 'alaihi wa-sallam)". (Lihat: الباعث على انكار
البدع والحوادث hlm. 11)
قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: عَلَيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَاْلاِسْتَقَامَةِ اِتَّبِعْ وَلاَ تَبْتَدِعْ
"Dari
Ibn Abbas beliau berkata: Hendaklah kamu takut (takwa) kepada Allah dan
sentiasa istiqamah (sentiasa dalam ketaatan), hendaklah kamu mengikut
(al-Quran dan as Sunnah) dan janganlah berbuat bid'ah".
قَالَ عُمَربْن الْخَطَّاب رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَاِنْ رَآهَا النَّاسُ حَسَنَةٌ
"Setiap
bid'ah itu sesat, walaupun (semua) manusia telah berpendapat &
melihat bid'ah (yang mereka lakukan itu) hasanah (baik)". (Diriwayatkan
oleh Al-Lalikaii (162). Ibn Battah (205). Baihaqi dalam المدخل الى السنن
(191) dan Ibn Nasr dalam السنة (70) sanadnya sahih)
قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: اَلاِقْتِصَادُ فِى السُّنَّةِ اَحْسَنُ مِنَ اْلاِجْتِهَادِ فِى الْبِدْعَةِ
"sedikit
( biasa saja ) dalam mengerjakan sunnah lebih baik dari
bersungguh-sungguh dalam mengerjakan bid'ah". (Lihat: شرح اصول اعتقاد
اهل السنة (114-115). As-Sunnah, hlm. 27-28 Ibn Nasr. Al-Ibanah (1/230)
Ibn Battah)
Di riwayat yang lain pula:
وَاِنَّ اِقْتِصَادًا فِى
سَبِيْلٍ وَسُنَّةٍ خَيْرٌ مِنْ اِجْتِهَادٍ فِى خِلاَفِ سَبِيْلِ سُنَّةٍ
فَانْظُرُوْا اَنْ يَكُوْنَ عَمَلُكُمْ اِنْ كَانَ اِجْتِهَادًا اَوْ
اِقْتِصَادًا اَنْ يَكُوْنَ ذَلِكَ عَلَى مِنْهَاجِ اْلاَنْبِيَاءِ
وَسُـنَّتِهِمْ صَلَوَاتُ اللهِ عَلَيْهِمْ
"sedikit ( biasa saja )
dalam mengikuti jalan sunnah lebih baik dari bersungguh-sungguh dalam
melakukan perkara yang bertentangan dengan jalan sunnah. Lihatlah apa
yang akan kamu lakukan, jika ia termasuk yang bersungguh-sungguh atau
yang biasa hendaklah mengikut panduan manhaj para nabi dan sunnah
mereka sallallahu 'alaihi wa sallam". (Diriwayatkan oleh Al-Lalikaii
(11). Ibn Mubarak dalam Az-Zuhud. Jld. 2. hlm. 12. dan Abu Na'im dalam
Al-Hilyah. Jld. 1. Hlm. 252)
Al-Hafiz Fudhail bin 'Iyad rahimahullah menyatakan:
عَمَلٌ قَلِيْلٌ فِى سُنَّةٍ خَيْرٌ مِنْ عَمَلٍ كَثِيْرٍ فِى بِدْعَةٍ
"Amal
yang sedikit (tetapi) dalam perkara sunnah lebih baik daripada amalan
yang banyak (tetapi dalam perkara yang) bid'ah." (Lihat: الابانة عن
شريعة الدينية Jld. 1. hlm. 395. (249))
Imam Malik rahimallahu ‘anhu
seorang imam Ahli Sunnah wal-Jamaah dari kalangan Salaf as-Soleh amat
tegas terhadap bid'ah. Beliau menganggap aktivis bid'ah sebagai orang
yang mengkhianati kesempurnaan risalah (al-Quran dan al-Hadist) yang
telah disampaikan oleh Nabi Muhammad sallallahu 'alaihi wa sallam kepada
ummahnya. Beliau pernah mengeluarkan ucapannya yang tegas terhadap
pembuat bid'ah:
مَنِ ابْتَدَعَ فِى اْلاِسْلاَمِ بِدْعَةٌ وَيَرَاهَا
حَسَنَةٌ فَقَدْ زَعَمَ اَنَّ مُحَمَّدٌ قَدْ خَانَ الرِّسَالَةَِلاَنَّ
اللهَ يَقُوْلُ: "اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَاكُمْ وَاَتْمَمْتُ
عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ اْلاِسْلاَمَ دِيْنًا" فَمَالَمْ
يَكُنْ يَوْمَئِذٍ دِيْنًا فَلاَ يَكُوْنُ الْيَوْمَ دِيْنًا
"Siapa
yang melakukan bid'ah di dalam Islam kemudian disangkanya baik, maka dia
telah menganggap bahwa Muhammad telah mengkhianati al-Risalah karena
telah jelas Allah berfirman: (Hari ini Aku telah sempurnakan agama kamu
dan Aku cukupkan nikmat kamu dan Aku hanya meridai Islam sebagai
agamamu). Apa yang tidak dapat dianggap sebagai agama pada masa itu
(masa Nabi), maka pada masa ini ia juga tidak boleh dianggap sebagai
agama." (Hadist Riwayat Malik)
قَالَ فَـيْصَلُ بْـنُ عِـيَاضٍ رَحِمَ
هُ اللهُ: مَنْ اَحَبَّ صَاحِبَ بِـدْعَةٍ اَحْـبَـطَ اللهُ عَمَلَهُ
وَاخْرَجَ نُـوْرَ اْلاِسْلاَمِ مِنْ قَلْبِهِ
"Berkata Faisal bin
'Eyadz: Siapa yang menyukai pembuat bid'ah, Allah melenyapkan
(menggugurkan) amalannya dan akan dicabut cahaya Islam dari hatinya".
(Lihat: تلبيس ابليس Ibn Qaiyim, hlm 84. Dan lihat: شرح السنة hlm. 138.
Dikeluarkan juga oleh Al-Lalikaii dalam شرح اصول الاعتقاد اهل السنة.
Jld. 1. Hlm. 139)
وَقَالَ: مَنْ جَلَسَ اِلَى صَاحِبِ بِدْعَةٍ
اَحْبَطَ الله عَمَلَهُ وَاَخْرَجَ نُوْرَ اْلاِيْمَان - اَوْ قَالَ
الاِسْلاَمِ - مِنْ قَلْبِهِ
"Beliau juga pernah berkata: siapa yang
duduk di majlis orang bid'ah Allah melenyapkan (menggugurkan) amalannya
dan mengeluarkan nur (cahaya) iman - atau ia berkata - keluar nur Islam
dari hatinya." (Dikeluarkan oleh Al-Lalikaii dalam شرح اصول اعتقاد اهل
السنة (1/132). Dan Ali bin al-J'ad. dalam "Musnad" (1885))
اَنَّ صَاحِبَ الْبِدْعَةِ يَزْدَادُ مِنَ اللهِ بُعْدًا كُلَّمَا بَالَغَ فِى الطَّاعَةِ والْعِبَادَةِ
"Pembuat
bid'ah akan bertambah-tambah jauh dari Allah sekalipun
bersungguh-sungguh dalam ketaatan dan kuat ibadahnya". (Lihat: Fathul
al-Qadir, jld. 1, hlm. 10)
اِنَّ اللهَ حَجَبَ التَّوْبَةَ عَنْ كُلِّ صَاحِبِ بِدْعَةٍ حَتَّى يَدَعَ بَدْعَتَهُ
"Sesungguhnya
Allah menghijab (tidak menerima) taubat setiap pembuat bid'ah hingga ia
meninggalkan bid'ahnya". (Hadis Riwayat at-Thabrani dengan sanad yang
sahih. Dan dihasankan oleh al-Munziri. Lihat: مدارج السالكين (1/84) Ibn
Qaiyim)
Imam Ibn Rajab rahimahullah pernah ditanya, apakah boleh
menyebut keburukan ahlul bid'ah (مبتدع) dalam usaha menyadarkan ummah
agar menjauhi mereka? Beliau menjawab:
"Adapun Ahli Bid'ah itu sesat
begitu juga orang-orang yang beserta dengannya yang seakan-akan ulama.
Maka boleh menjelaskan kejahilan, kecacatan atau kejahatan mereka dalam
rangka memperingatkan ummah agar tidak mengikuti mereka". (Lihat: شرح
السنة , al-Barbahari, hlm. 138. Tahqiq Abu Yasir ar-Rodadi)
Penjelasan
Imam Ibn Rejab di atas menunjukkan bahwa menyebut dan membongkar
perbuatan bid'ah yang diseru dan dilakukan oleh para penyeru bid'ah
tidak dianggap sebagai suatu kesalahan. Malah wajib dijelaskan kepada
khalayak umum jika tujuan dan niat seseorang yang bertindak sedemikian
demi untuk menjauhkan atau menyelamatkan ummah agar tidak terlibat dan
tidak terpengaruh dengan perbuatan dan hasutan ahli bid'ah.
semua
nash-nash di atas mengharamkan umat Islam dari melakukan perbuatan
bid'ah. Selain amalan yang berbentuk bid'ah itu ditolak oleh Allah
Subhanahu wa Ta'ala karena ia menyesatkan, ternyata bid'ah ini juga amat
ditakuti oleh orang-orang beriman yang berilmu. Ini disebabkan setiap
amalan bid'ah terutama yang melibatkan akidah, pasti akan menyebabkan
pembuatnya menjadi sesat dan di akhirat kelak akan menjadi golongan yang
merugi karana akan dilemparkan ke neraka. Malah seseorang itu akan
dikekalkan di dalam neraka jika semasa hidupnya ia terlibat dalam
perbuatan bid'ah di segi akidah yang menyebabkan kesyirikan.
Setiap
orang yang beriman sepatutnya memperhatikan dengan akal jernih
terhadap ancaman dari hadist-hadist di atas sehingga dapat memberi kesan
menakutkan yang mendalam di hati sanubari atau perasaan mereka.
Para
sahabat dan jumhur ulama Ahli Sunnah wal-Jamaah yang berpegang dengan
manhaj Salaf as Soleh terlalu berjaga-jaga dari terlibat dengan segala
perbuatan yang berbentuk atau berunsur bid'ah. Ketegasan mereka dalam
perkara ini telah diuraikan melalui kata-kata mereka tersebut.
Pengaruh Buruk Akibat Memuji Ahli Bid’ah
192.
Abul Walid Al Baji dalam Kitabnya, Ikhtishar Firaqil Fuqaha ketika
menyebutkan keadaan Abu Bakar Al Baqillaniy mengatakan : “Abu Dzar Al
Harawy telah menceritakan kepadaku bahwa ia condong kepada madzhab Al
Asy’ari.” Maka saya tanyakan dari mana ia dapatkan madzhab ini. Katanya :
“Saya pernah berjalan bersama Abu Al Hasan Ad Daraquthniy dan kami
bertemu dengan Abu Bakr bin Ath Thayyib Al Qadli lalu Ad Daraquthniy
memeluknya dan mencium wajah dan kedua matanya maka setelah kami
berpisah saya bertanya siapa laki-laki tadi?”Ia menjawab : “Imamnya kaum
Muslimin, pembela Islam, (yaitu) Al Qadli Abu Bakr bin Ath Thayyib.”Abu
Dzar berkata : “Sejak saat itu saya berulang-ulang mendatanginya
bersama ayahku dan akhirnya kami mengikuti madzhabnya.” (At Tadzkirah
3/1104-1105 dan As Siyar 17/558-559)
Saya berkata : “Ini merupakan
istidlal (pengambilan dalil) yang jelas sekali. Karena jika seorang alim
diam dalam permasalahan ahli bid’ah dan tidak menerangkan kebid’ahan
mereka maka ia akan membahayakan orang lain yang jahil hingga akhirnya
mereka dapat terjatuh dalam kebida’ahan pula.
Dan yang lebih
berbahaya serta lebih pahit lagi dari diamnya itu adalah apabila keluar
ungkapan-ungkapan pujian dan sanjungan terhadap ahli bid’ah yang mungkin
(pada dirinya) tampak keshalihan dan ketaqwaan.”(Sumber : Kilauan
Mutiara Hikmah Dari Nasihat Salaful Ummah, terjemah dari kitab
Lamudduril Mantsur minal Qaulil Ma'tsur, karya Syaikh Abu Abdillah Jamal
bin Furaihan Al Haritsi.
EmoticonEmoticon