Apa itu komponen ELEKTRONIKA


Komponen elektronik adalah bagian paling kecil dari suatu rangkaian elektronik, atau bisa dikatakan komponen elektronik adalah unsur-unsur yang menyusun rangkaian elektronik. Jika rangkaian-rangkaian elektronik yang memiliki fungsi tertentu dikumpulkan dan membentuk sebuah system elektronik maka system elektronik tersebut disebut dengan pesawat, contoh : Pesawat Televisi yang terbentuk dari kumpulan rangkaian-rangkaian yang memiliki fungsi sebagai
Tuner, IF, AGC dll.
Komponen-komponen elektronik yang menyusun pesawat penerima televisi terdapat bermacam-macam dan dari berbagai jenis, disini komponen-komponen tersebut dikelompokkan berdasarkan jenisnya agar mudah dalam penelusuran. Setiap komponen dibahas dan diuraikan secara mendetail, dimana setiap pembahasan meliputi antara lain bagaimana karakteristiknya, apa bahan dasarnya, bagaimana bentuk fisik dan bagaimana gambar skematiknya, bagaimana mencari persamaanya jika tidak ditemukan komponen yang sama dll, selain itu disetiap ahir uraian juga ditunjukkan apa kerusakan yang mungkin dan sering terjadi pada komponen tersebut, sehingga bisa membantu dalam proses perbaikan.
Komponen-komponen yang menyusun pesawat televisi tersebut antara lain :
Komponen Pasif
Resistor, Resistor Variable, Kondensator
Komponen Aktif
Dioda, Transistor, IC
Induktor / Transformator
Induktor, Trafo, Coil, Degausing Coil, Yoke, Flyback Transformator
Display
Seven Segmen, CRT, LCD, Plasma Display
Komponen Khusus
Relay, Opto Coupler, Cristal, Cristal Filter, Saw Filter, Delay Line
Lebih Jelasnya pengertian tentang komponen Elektronika, silahkan masuk ke menu komponen Elektronika. gambar beserta penjelan dan fungsi Komponen.

1 comments:

ivan verys said...

Makasih udah share gan , bermanfaat infonya !!


bisnistiket.co.id

Post a Comment