RESISTOR



Resistor adalah komponen elektronika dua saluran yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan di antara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya. Resistor dapat diumpamakan dengan sebuah papan yang digunakan untuk menahan aliran air yang deras di parit kecil. Dengan adanya tahanan papan ini, maka arus air menjadi terhambat alirannya. Makin besar papan yang dipergunakan untuk menahan air parit,
makin kecil air yang mengalir. Begitu pula peran resistor dalam elektronika, makin besar resistansi (nilai tahanan), makin kecil arus dan tegangan listrik yang melaluinya. Satuan resistor adalah Ohm (simbol: Ω).

Fungsi resistor

Dalam suatu rangkaian elektronika, fungsi resistor adalah:
1. Menahan sebagian arus listrik agar sesuai dengan kebutuhan suatu rangkaian elektronika.
2. Menurunkan tegangan sesuai dengan kebutuhan suatu rangkaian elektronika.
3. Pembagi tegangan.
4. Bekerjasama dengan transistor dan kapasitor dalam suatu rangkaian elektronika untuk membangkitkan frekwensi rendah/ tinggi.

Jenis resistor

Resistor dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Resistor Tetap


Gambar: Simbol resistor tetap.

Adalah resistor yang besaran tahanannya tidak dapat diatur alias tetap, di antaranya:
- Resistor kawat logam, yaitu tahanan dari kawat logam yang digulung di permukaan tabung kaca.
- Resistor arang (komposisi), yaitu resistor dari bahan arang karbon terdapat gelang warna dibadannya, yang merupakan nilai besaran tahanannya.

2. Resistor Tidak Tetap (Variabel)


Gambar: Simbol resistor variabel

Adalah resistor yang besaran tahanannya dapat diatur sesuai kebutuhan, di antaranya:
- Potensiometer, adalah resistor variabel arang berupa potensio putar dan geser.
- Trimpot, adalah resistor variabel arang yang dapat diatur tahanannya dengan memutar lubang kecil pada badan trimpot dengan menggunakan obeng kecil.
- LDR (Light Dependent Resistor/ Fotoresistor)adalah resistor variabel yang nilainya bergantung pada cahaya, resistansi akan turun/ berkurang jika terkena cahaya, sebaliknya tahanan akan naik jika LDR dilindungi dari cahaya.
- Thermistor/ NTC (Negative Temperature Coefisien), adalah resistor variabel yang tergantung suhu, resistansi akan berubah akibat perubahan temperatur/ suhu.



Gambar: Potensiometer.


Gambar: Trimpot


Gambar: LDR


Gambar: NTC

0 comments:

Post a Comment