Pengertian Tegangan dan Hambatan

Tegangan ( V ). 

Tegangan adalah gaya yang mengakibatkan terjadinya arus listrik. Terjadinya   tegangan akibat beda / selisih potensial dan dikatakan ada tegangan ( voltage ).
Arus listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan yang lebih   rendah. Satuan tegangan listrik disebut “ Volt “ dan disimbolkan “ V “.
  1 ( MV )   = 1000 ( KV ).
  1 ( KV )   = 1000 ( V ).
  1 ( V )      = 1000 ( mV ).

Hambatan ( R ). 
Kawat tembaga pada umumnya digunakan untuk menghantarkan arus llistrik   karena kawat tembaga, hambatan terhadap aliran listriknya kecil. Lihat   gambar berikut ini :


Ketika elektron bebas berjalan melalui sebuah logam, elektron – elektron itu   melambung melawan molekul, yang akan memperlambat kecepatan   jalannya. Perlambatan kecepatan ini merupakan hambatan yang umumnya   disebut dengan “ Electric Resistance “ atau “ Hambatan Listrik “.


Satuan dari hambatan adalah ohm dan diberi simbol ( W ). Hambatan suatu   penghantar dikatakan mempunyai nilai 1 W bila besarnya hambatan tersebut   menyebabkan mengalirnya arus sebesar 1 A, bila pada kedua ujung kawat   penghantar tersebut dihubungkan dengan sumber tegangan sebesar 1V (  pada temperatur konstan ). Adapun harga hambatan pada sebuah   penghantar dipengaruhi oleh bahan penghantar, luas penampang   penghantar, serta temperatur. Besarnya harga hambatan dapat dihitung   dengan rumus :
            r
  R = L ---
           A

  Dimana :  
  R  = Hambatan ( ohm).
  r = Tahanan jenis ( ohm meter ).
  L  = Panjang kawat ( meter ).

  A = Luas penampang kawat ( m2).

0 comments:

Post a Comment